Jumat, 14 Desember 2012

How Can I Get Into Kpop ?

Double update nih, lagi pengen nulis blog ;)
Oke kali ini, gue mau sharing pengalaman gue "terinfeksi" Kpop nih. Ayo semua merapat.


http://www.emocutez.com



Back to 2009, sekitar september-oktober, di salah satu SMA di Kota Palembang, temen gue, Yesita, dateng sambil nenteng-nenteng laptop dan dengan excited-nya nunjukkin ke anak-anak kelas video yang baru dia download semalem. dengan rasa ingin tahu yang biasa aja, kita mulai merapat. Jereeng~ ternyata itu video Sorry Sorry-nya Super Junior. 

Sorry Sorry Making

10 detik pertama berlalu dan reaksi temen-temen gue langsung berubah drastis, sekan tersulap dengan dance "gesek-gesek tangan" nya suju, mereka langsung terhipnotis niruin. Anehnya dengan bahasa alien yang sama sekali ga dikenal ditelinga, mereka bisa suka sama video itu. dan ga lupa, sama kayak abege-abege lainnya, tradisi kepemilikan pun terjadi. Mereka rebutan bias, seakan-akan personil suju itu barang sale. haha, gue sih stay cool aja, masalahnya sebelum ini gue udah pernah tau korea.

back to 2007, ceritanya pas gue kelas 2 SMP di Banjarmasin, di hp temen gue, jesika, ada foto-foto artis korea.

ini nih foto di hp temen gue

dan setelah liat foto diatas, pendapat gue "mereka aneh" dan mulai nyebut pake istilah "orang cina rambut kuning". setelah dijelasin jesika dengan sabar, akhirnya gue tau mereka korea tapi gue ga inget nama grupnya sampe akhirnya gue denger nama mereka lagi pas disebutin yesita.

forward to 2009 again, awal gue liat Sorry Sorry gue mikir ini kerenlah kalo dibandingin foto "orang cina rambut kuning" dulu. Secara, di MV itu rambut pada item, formal dan konsep videonya keren. Tapi cuma sebates itu. tok. Sampe akhirnya, Yesita ngebawain video It's You (neorago) dan Supergirl. 

It's You (Neorago)
Supergirl (SUJU-M)
Thanks to dua videos ini, gue jadi ikut-ikutan temen-temen gue demen sama suju. mulai coba youtubing suju, download MV, live perform-nya. Eh lupa, bias gue di Suju itu Hangeng, karena keculunannnya di Supergirl (>w<) dan perubahannya yang drastis, sulu gue mikir gantengnya dewa banget, haha.(liat postingan lawas gue, pasti ntar ketemu postingan soal hangeng)

setelah mulai terinfeksi sedikit kpop (Thanks to Suju), Yesita nunjukkin video SNSD (Girls' Generation) - Gee.
Gee

Tapi mungkin karena pengaruh komen-komen di internet, sambil nunjukkin videonya Yesita juga ngelemparin komen negatif ke SNSD. komen apa ? You know lah~ yg banyak di internet apaan sih. Hal ini nyebabin gue awal-awalnya ga begitu sreg lah sama SNSD.

Lanjut, ayo kita maju ke awal 2010. Gue berada di masa penantian panjang, Suju belom ada MV baru. Desperate, gue youtubing yang lain, eh malah ketemu SNSD yang Genie, dengan outfit superseksi (celananya.. tuhan) akhirnya imej SNSD makin ga lah dimata gue. lol.
Genie
Tapi anehnya yah, walaupun gue ga suka, kadang gue masih nyari info tentang mereka, kayak yang GD pernah bilang "antifans is actually fans" yap, tepat ketika lo ga suka sama sesuatu akhinya lo dalemin hal tersebut untuk nyari tau lebih soal mereka. di akhirnya ntar lo bakal punya satu keputusan dari dua pilihan keputusan ini; 1) Makin benci 2) Ternyata lo tau yang sebenernya dan akhirnya jadi malah ngebelain mereka.  dalam kasus gue, rasa ga suka gue mulai pudar pas tau jessica komen di radio kalo dia ga oplas dan cuma satu-dua member yang fotonya beda banget dan kayaknya foto-foto kalian dari kecil sampe besar juga ga mungkin konstan banget. Gue curiga nih ntar mungkin kalo gue debut jadi girlband korea kalian juga bakal bilang gue oplas karena muka gue dulu sekarang beda, dulu gue item kurus, sekarang berisi, pipi chubby, warna kulit termasuk teranglah.. eh ntar kalian ngira gue suntik botox sama suntik pemutih kulit lol. Ayo stop kerandoman ini dan lanjut,


Februari 2010, Gue download MV SNSD yang Oh! dan MV itu udah di subs sama soshified.



Oh!
dan gue suka banget sama MV ini sampe rela pulang sekolah diulang sampe 7-8 kali. Inilah MV yang bisa bikin citra snsd mencair~ yang sebelumnya gue 'euuuh' jadi 'awwww'. Yang sebelumnya gue terinfeksi kpop nya cuma dangkal eh jadi dalem. jadi istilahnya nih ya


Super Junior introduced me to Kpop, but Girls' Generation made me fall in deeper in Kpop

tapi masalanya suka sama girlgroup cewek sedangkan temen-temen lo menggilai girl group cowok itu kinda... hmmm... tabu (?) hahhaa. dan awalnya gue bilang gue suka sama snsd cuma sama temen cowok gue, si oji doang, haha parah.. pernah suatu ketika gue di-olok-olok lesbi karena sering muter MV nya hahaha, mungkin itulah kenapa awalnya gue rada malu buat jujur. Untuk mengantisipasi pengetahuan temen-temen gue kalo gue suka sama snsd doang, akhirnya gue juga terus mengembangkan perasaan ke suju, haha. jadi statusnya gue ELF-SONE nih tahun 2010 :3

Mei 2010, Suju akhirnya comeback dengan Bonamana, dan gue excited banget (imbas dari temen-temen dikelas gue yang excited gila)  berujunglah pada penulisan blog entry "BONAMANA MV is Awesome" yang pas gue baca lagi entry itu... rasanya gue mau mencabik-cabikkan jiwa raga!!! Memalukan! dan kesan gue ke masing-masing member itu.. hmm.. kayaknya pas jaman itu gue masih keterbelakangan mental deh, haha. dan ga sampe disitu aja 2 harinya gue ngepost tentang comeback stage suju, lol.


Bonamana
Oh iya sebelum suju comeback sama bonamana, snsd comeback sama Run Devil Run dan itu MV nya serem banget, beda sama Oh! gue nontonnya cukup sekali sehari karena aftereffect setelah nonton MV itu jadi merinding disko ~_~ haha random banget.


Run Devil Run

Eh kayaknya gue lupa satu hal deh dalam perjalanan Kpop gue, as you know gue mulai suka snsd setelah Oh! dan gue mulai suka nyari-nyari teu lebih dalem soal snsd sejak itu. gue berusaha kenal muka membernya dan yang paling susah itu Tiffany karena Tiffany jaman Gee sama Oh! itu lainnya luar biasa, apalagi jaman RDR, karena style rambut + make up-nya selalu berubah dan susah ngenalinnya TT__TT satu lagi yang susah minta ampun adalah ngebedain Yuri sama Seohyun. Itu demi apa susaaaah TT__TT apalagi cuma bermodalkan MV Gee dan Oh! dijamin anda pusing lahhhh. Nah balik ke kasus, karena gue lagi suka-suka nya sama snsd, kalo gue lagi ga ada kerjaan gue suka browsing tentang mereka and then I found.. Yongseo Couple yang hobi banget gue update di blog gue <3 Semptember 2010, adalah pertama kalinya gue nunggu snsd comeback, mulai dari teaser nya sampe yang sehari 3 teaser sampe MV Teaser dan MV nya, baru ngerasa lah jadi fans bangetnya haha.

Nah ini bagian dilema kpop yang musti gue hadapin, GDA 2010. Googling aja pemenangnya kalo kalian pengen tau, yang jelas Album Daesang nya (Penjualan album tertinggi dibanding yang lain ditahun itu) diambil sama SNSD "Oh!". dan mulailah konflik fans juara bertahan "ELF" dan konflik fans juara baru "SONE". Gue sampe heran karena ada fanaccount-fanaccount ELF yang kayaknya ngasih bukti bahwa snsd ga pantes menang karena suju jual lebih banyak, katanya SM beliin penghargaan itu buat snsd lah atau fanaccount ada member yang sedih/nangis pas diumumin snsd yang menang. Awalnya gue oke-oke aja, tapi semakin belakang gue udah mulai muak sama elf yang ga berenti nyebarin fanaccount-fanaccount yang kita ga tau itu asli atau rekayasa, dan itu udah kejadian woi ga bisa lah dimundurin lagi, maksud gue terima nasib aja terus kedepannya berusaha supaya suju ga kalah lagi, bikin resolusi gitu, nyalahin orang lain atas kekahalan orang yang kita dukung itu akal pendek banget, childish.


yang masih labil, ga usah ngebuka


Sampe akhirnya gue komen di salah satu fanaccount ELF. Gue ga tau alamat web nya dimana karena itu 2010 akhir, tapi yang jelas gue komen disitu persis sama yang gue tulis diatas. terus gue tambahin yang kira-kira isinya..

"I am an ELF-SONE, but should I erase "ELF" in front of "SONE" because of your short minded mind who blame other group because your oppas not won ? Find clue to prove the other have no right to won? The sale is modificated because SM count Hoot album and your oppas album isnt count? delusional. Is your oppa that good so you can blame other competitor when they won? Make a resolution for next album and prevent this thing to not happen anymore is what you should do. What you did to find clue of SM treat snsd different is so childish."

yah ga usah di-translate lah ya, ntar ada yang masih labil yang ga ngerti masalahnya malah nge-bash gue lagi.. pokoknya sejak saat itu, gue tinggalin ELF dan gue cuma berfandom SONE. tapi ilmu gue bukan sekedar tentang sone aja, kalo lo liat blog post gue, gue pernah nulis soal mblaq, beast, cnblue karena kpop versi gue bukan sekedar SM aja, tapi juga ke artis-artis luar. tahun 2011, ilmu gue udah makin berkembang, tau Bigbang, DBSK, Infinite, f(x) dan lain-lain. terus berjalan sampe sekarang gue kenal EXO.



EXO
to be continued..

Tidak ada komentar: